mengapa belajar PHP?

Pertanyaan yng seringkali diajukan oleh mereka yang baru belajar bahasa pemrograman adalah MENGAPA  SAYA HARUS BELAJAR PHP? begitu juga untuk saya sendiri ketika memilih untuk terjun dan berbaur dengan dunia komputasi ini. Hal ini bukanlah sesuatu yang aneh mengingat begitu banyak teknologi pemrograman yang ditawarkan untuk membuat suatu program berbasis web. Ada ASP, ASP.NET, Java, Perl, Coldfusion, dan lain-lainya.

Satu alasan yang paling menonjol, mengapa memilih untuk belajar php adalah sifatnya yang opensource. Perlu digarisbawahi, bukan karena free-nya yang penting (walau penulis akui ini juga faktor yang penting), tapi efek dari opensource sendiri adalah banyaknya pengguna php yang saling berbagi pengetahuan dan source kode.

Seperti kita tahu buku IT dirasa masih terlalu mahal untuk dijangkau banyak kalangan. Hanya mereka yang serius mau menerjuni dunia komputasilah yang mau merelakan sebagian penghasilannya demi membeli sebuah buku. Bukan itu saja, meski kita punya uang sekalipun, untuk mencari buku bermutu sesuai dengan yang ingin kita pelajari, tidaklah hal yang mudah. Seperti kata dosen Kalkulus saya Bapak Taufik, Buku bermutu untuk dipelajari cenderung tidak laris dipasaran. Jadi jangan coba-coba hanya mengandalkan buku cetak lantas anda bisa mahir pemrograman.

Dari pengalaman penulis sendiri, setelah belajar dasar-dasar pemrograman secara teksbook kita masih kesulitan untuk menerapkannya dalam membuat aplikasi. Dunia IT berkembang begitu cepat, sehingga apa yang kita pelajari tersebut mungkin sudah ketinggalan jaman. Dengan menggunakan PHP, kita dengan mudah dapat mengikuti perkembangan terbaru darinya. Karena Dokumentasi resmi yang diberikan oleh pengembang sudah cukup baik. Meski sayangnya untuk yang berbahas indonesia masih belum ada. Mungkin ahli-ahli PHP kita begitu sibuknya dengan job-job mereka sehingga tidak ada waktu untuk menterjemahkannya kedalam bahasa kita.

Efek lain dari opensource adalah jaminan bahwa PHP akan terus mendapat support selama masih banyak orang yang memakainya, tidak seperti software propietary (komersial), yang mana dukungan terhadapnya akan hilang ketika perusahaan tersebut bangkrut. Jadi adakah alasan yang mengharuskan kita untuk tidak belajar PHP?

OPENSOURCE, sebuah cara legal untuk mengurangi pembajakan…

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan komentar